Sabtu, 17 Januari 2015

Analisa fundamental di dalam pasar forex trading

Pasar finansial pada dasarnya menyentuh para trader melalui satu dari dua cara: apakah melalui analisa fundamental atau melalui analisa teknikal. Dalam kenyataannya, sejarah pasar trading adalah penuh dengan para trader yang mempunyai karir sukses dengan menggunakan kedua jenis analisa tersebut. Tapi, dalam artikel ini hanya akan dibahas mengenai analisa fundamental saja.

Ada beberapa penggerak pasar kunci dalam aspek fundamental. Perubahan informasi dalam hal ini secara umum akan menyebabkan bergeraknya pasar ke arah tertentu.

Tingkat suku bunga
Ini adalah satu hal paling penting dalam bergeraknya pasar dalam jangka panjang. Kebanyakan bank sentral di seluruh dunia mengumumkan tingkat suku bunga setiap satu bulan sekali, dan informasi ini adalah satu peristiwa yang sangat diperhatikan oleh para pelaku bisnis. Tingkat suku bunga dikendalikan oleh bank sentral untuk menjaga arus finansial dalam perekonomian. Dalam suatu event bahwa bank sentral butuh untuk meningkatkan penawaran uang, mereka menurunkan tingkat suku bunga. Dan dalam suatu event mereka butuh untuk mengurangi penawaran uang, mereka akan meningkatkan tingkat suku bunga.

Produk Domestik Bruto (PDB)
PDB adalah indikator paling penting dari kesehatan finansial suatu negara. Bank sentral suatu negara telah menetapkan target pembangunan dan pertumbuhan ekonomi tertentu setiap tahunnya. Seberapa cepat tingkat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu negara bisa diukur dengan menggunakan data PDB. Pada suatu poin di mana tingkat PDB mengalami penurunan, nilai mata uang negara yang bersangkutan akan mempunyai tendensi untuk mengalami kejatuhan. Dan ketika tingkat PDB mengalahkan ekspektasi pasar, nilai mata uang negara tersebut akan mengalami peningkatan.

Tingkat pengangguran
Bagaimanapun, para penduduk di suatu negara adalah faktor penting yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Oleh karena itu, tingkat pengangguran suatu negara adalah penggerak kunci dari menaik atau menurunnya kondisi finansial negara tersebut. Jika tingkat pengangguran suatu negara mengalami kenaikan, pasar akan kehilangan kepercayaan terhadap pasar finansial atau produk finansial negara tersebut. Sebaliknya, menurunnya tingkat pengangguran akan meningkatkan kepercayaan para pelaku pasar dan mendorong kenaikan nilai dari mata uang negara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar